Thursday, August 10, 2017

Apa Saja Barang Dibawa ke Wisata Outdoor Alam Liar

Beraneka ragam wisata yang dilakukan cerminan karakter seseorang untuk menikmati liburan dengan cara masing-masing. Seperti wisata outdoor alam liar dengan aneka tantangan alam yang cukup menggugah andrenalin ini cukup populer di kalangan anak muda yang masih mencari liburan yang tidak biasanya. Seperti mendaki gunung, off-road, terjun payung, arum jeram, diving, dsb. Wisata ini ada seluruhnya di Indonesia bahkan sudah menjadi destinasi wisata favorit dari traveller luar negeri. 

Tentu perlu barang atau benda yang kudu harus dibawa bersama anda agar liburan outdor alam liar ini menjadi liburan yang menyenangkan. Apa saja jenisnya, berikut penjelasannya.


Pertualangan Liburan Alam Liar. Poto oleh: bluetripper.com

1. Obat-obatan.


Jenis obat-obatan yang saya angkat disini sifatnya menyeluruh disesuaikan karakteristis outdoor alam liarnya. Tentu obat yang dibawa berdasarkan kebutuhan dilapangan nanti. Jika anda meamsuki hutan, menaiki gunung, serta berkemah di alam liar jangan lupa membawa obat sakit kepala, flu, deman, serta oralit. Obat yang lazim dibawa ini berhubungan dengan cuaca yang cukup ekstrim berubah. Jadi pastikan kebutuhan obat lain yang akan disesuaikan dengan outdoor juga terpenuhi seperti obat herbal, lotion anti nyamuk, obat anti bisa, obat gatal-gatal, dsb. Sebagai referensi tambahan saya sudah membuat tulisan jenis obat-obatan yang dibawa ke luar negeri [baca: obat].

2. Bahan Cepat Kering.

Jangan salah bawa kebutuhan pribadi untuk jenis liburan outdoor alam liar. Cari bahan yang cepat mudah kering seperti handuk, kaos, selimut, dsb. Penting karena situasi di luar sana tidak menentu dengan cuaca apakah musim hujan atau tidak ada cahaya matahari sama sekali. Jadi, bahan yang cepat kering walau tidak ada sinar matahari sebagai cara untuk mengeringkan tidak ada masalah. Ini khusus untuk travelling seperti mendaki gunung dengan tema berkemah, arum jeram, dan sejenisnya.


3. Alat Serbaguna.

Sekarang sudah ada alat serbaguna yang terangkai satu komponen  jenis swiss army berisikan beraneka ragam jenis alat seperti pisau kecil, pembuka botol, gunting kuku, dsb. Alat serbaguna ini penting untuk membatu saat di alam liar yang butuh alat bantu untuk melakukan aktifitas penting penunjang travelling. Sesuaikan dengan besar kecilnya alat agar berguna secara maksimal pada saat liburan outdoor nanti. O iya, jangan lupa membawa alat untuk membuat api seperti korek untuk membuat acara api unggun dan memasak air waktu berkemah.

4. Perlengkapan Outdoor.

Perlengkapan disini dimulai dari sepatu, ransel, tenda, jaket, sal, tikar, jas hujan, payung, dan alat pendukung lainnya. Semua perlengkapan ini sebenarnya standar untuk mulai pertualangan alam liar. Dimulai dari sepatu yang dipakai harus sesuai dengan medan yang akan ditempuh, ransel harus sesuai dengan kondisi di lapangan [baca syaratnya pemilihan ransel : link], tenda dan jaket harus dibawa untuk membantu anda tidak kedinginan pada saat istirahat nanti. Semua perlengkapan outdoor seperti ini sudah tersedia berbagai merek yang cukup banyak dipasaran, tentunya mereka telah menyediakan beberapa bentuk dan tinggal dipilih saja.

5. Makanan dan Minuman.

Konsumsi makanan dan minuman harus dipersiapkan, umumnya rekan traveller travelling di alam liar tidak sama dengan pertualangan alam seperti TNI atau sejenisnya. Konsepnya pertualangan outdoor yang khusus menikmati alam untuk beberapa hari saja. Biasanya makanan yang dibawah berbahan kering, instant, dan makanan kaleng. Jenisnya dan bentuk disesuaikan dengan berapa anggota yang ikut pertualangan ini. Pembagian tugas untuk membawa konsumsi ini bisa diatur oleh ketua rombongan, siapa yang membawa makanan dan minuman untuk kelancaran keseluruhan anggota.

6. Pakaian.

Tentu bawa sejumlah pakaian yang cukup selama pertualangan. Sesuaikan dengan jumlah hari, usahakan bawa pakaian berbahan kaos mudah dibawa dan tidak perlu banyak tempat di tas ransel. Biasanya ransel yang dibawa sekelas backpack menengah yang cukup beberapa laci khusus penyimpanan untuk seluruh kebutuhan pertualangan. Untuk mencari tas backpack ini sudag tersedia di toko outdoor sebagai referensi.

7. Perlengkapan mandi.

Perlengkapan mandi dimulai dari sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan sampo. Bawalah sesuai dengan kebutuhan pribadi berapa jumlahnya. Sekarang dipasaran sudah ada jenis perlengkapan mandi mini komplit dengan isian sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan sampo dalam bentuk sachet yang cukup ringkes untuk dibawa. 

8. Lain-lain.

Ada perlengkapan lain yang akan memperbaiki kualitas liburan travelling outdoor menjadi menyenangkan. Perlengkapan itu adalah kaca mata anti silau matahari, gadget, pawer bank, dan tongsis. Keseluruhan alat ini jangan sampai lupa untuk mengabadikan seluruh kegiatan pertualangan ini menjadi lebih baik dan terarah. Untuk perlengkapan memasak air seperti teko bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah dibuat secara manual dengan tumpukan kayu digantung dengan topangan kayu lainnya. Sediakan juga gelas instant plastik khusus untuk membuat minuman hangat di malam hari.  

Keseluruhan poin diatas adalah alat atau benda yang sangat standar untuk mengikuti travelling outdoor atau pertualangan liar  bertema liburan. Jadi, lakukan penelitian singkat berapa lama rencana liburan seperti ini dan barang apa yang paling penting untuk dibawa. Yang menjadi perhatian adalah barang yang paling dibutuhkan diprioritaskan untuk dibawa, barang yang tidak terlalu penting perlu ditelaah lebih dalam apakah perlu dibawa atau tidak.

Saya ingin memberi tips penting kepada para traveller adalah jangan membuang sampah di sembarang tempat, jangan corat coret tempat wisata apapun bentuknya. Mari jaga lingkungan agar tetap nyaman dikunjungi serta melestarikan alam dengan cara menjaga lingkungan tetap bersih. Apabila anda ingin memasuki outdoor alam lihat perhatian persyaratan untuk memasuki lokasi, ikuti perintah dari petugas yang mengetahui lingkungan tersebut. Bagi anda yang beragama muslim jangan lupa menunaikan sholat lima waktu dimanapun berada.

0 comments:

Post a Comment