Sunday, August 27, 2017

Cara Jitu Mendapatkan Project Dari Seorang Freelancer

Menjadi seorang freelancer membutuhkan strategi jitu untuk memenangkan kompetisi dengan memberdayakan ide dan kreatifitasnya kepada audience. Cara yang dilakukan untuk membuat project atau memenangkan project merupakan dua buah peluang yang harus diciptakan dengan bantuan media sosial creative market yang sudah menjadi start-up baru membius para freelancer apapun bentuk kreatifitasnya dimulai dari designer, konsultan, auditor, penulis artikel, dsb. 


Cara Jitu Mendapatkan Project Dari Seorang Freelancer. Poto oleh: projectvariability.org


Mind-Set client terhadap seorang freelancer.

Untuk perusahaan kecil dan menengah merupakan perusahaan yang menghasilkan pendapatan yang tidak begitu besar dapat dikatakan mempunyai omzet setahun dibawah IDR 1M. Sebenarnya perusahaan ini masih dalam tahap berkembang untuk maju dan mereka membutuhkan seorang konsultan freelancer yang mau membantu mereka tetapi mereka tidak secara penuh fokus untuk hired mereka untuk bisa masuk dalam departemen di perusahaan mereka, hanya beberapa waktu saja untuk project tertentu. Kebutuhan tentu beraneka-ragam, seperti saya sebutkan diatas. Nah, bagi anda seorang freelancer kondisi seperti bisa menjadi peluang besar untuk memenangkan kompetisi dengan mendapatkan project yang tersedia di perusahaan mereka dan menghasilkan nilai nominal yang cukup menggiurkan.

Memang sangat masuk akal sebenarnya perusahaan skala UMKM ini tidak terlalu fokus mau menggaji para freelancer untuk membantu mereka karena fokus mereka hanya untuk memenangkan kompetisi jenis barang atau jasa mereka saja, maka seorang client akan menggaji anda sesuai dengan kesulitan yang mereka hadapi terhadap pos-pos tertentu.

Tantangan yang sering dihadapi para freelancer adalah naik turunnya project yang diterima. Ada masa-masa booming project dan ada masanya low-session project. Setiap pekerjaan pasti ada masa-masa seperti ini, tetapi itulah keadaan yang harus dihadapi. Untuk bisa berkreatifitas apapun kondisinya ada beberapa tips jitu untuk mendapatkan project dari seorang freelancer yang perlu anda ketahui:

1. Anda harus membuat suatu strategi untuk bekerjasama dari berbagai pihak tertutama pihak ketiga yang membutuhkan skill anda seperti contoh seorang freelancer designer suatu logo atau penulis artikel untuk company-profile. Targetkan pada perusahaan kecil dan menengah dengan skala UMKM. Dimana pada target pasar ini masih memutuhkan jasa seorang freelancer tetapi tidak membutuhkan biaya besar menciptakan brain image perusahaan mereka yang harus mereka lakukan. Cara ini mereka lakukan untuk bisa menyampaikan produk atau jasa yang mereka miliki supaya bisa dikenal lebih luas oleh konsumen. Pada tahap ini tentu anda mempunyai beberapa client yang sudah diprospek sebelumnya untuk membantu mereka menciptakan apa yang mereka inginkan. Cara seperti ini bisa tercipta apabila anda sudah bisa mendapatkan beberapa client yang sama dalam sebulan dan anda berpotensi untuk mendapatkan penghasilan dalam sebulan.

2. Publikasikan ke dalam platform creative market yang sangat populer sesuai dengan freelancer anda. Misalnya pada creative market designer, konsultan, penulis artikel, dsb atau bahkan anda bisa publikasikan sendiri untuk skala internasional yang terangkum pada platform internasional. Cara ini bisa anda lakukan untuk memberikan proto-tipe produk freelancer anda sendiri sehingga target pasar bisa langsung kepada user anda langsung. Jangan patah semangat pada publikasi yang masih dalam proses tidak bisa langsung ada client, tetap berikan fokus brain-wash freelancer anda untuk bisa menyakinkan client menggunakan jasa yang anda miliki. Makin banyak anda lakukan publikasi berarti anda telah menebarkan kesempatan yang besar untuk mendapatkan client baru.

3. Bisa anda kembangkan dengan beraneka ragam platform lain untuk menunjang kinerja anda. Bagaimana memperkenalkan produk jasa anda dengan membuat informasi yang terkoneksi dengan internet. Seperti contoh, anda harus memberanikan diri untuk terjun kedalam dunia broadcast seperti youtube, dan blog dan website bisnis anda. Ini harus dilakukan untuk memenangkan strategi dengan membuat packaging baik untuk menjual jasa anda kepada client yang ingin membutuhkan freelancer anda.

Menurut saya inilah poin penting yang harus anda kenali bagaimana seorang feelancer bekerja untuk mendapatkan beberapa project dari segala sudut pandang. Pekerja lepas ini sudah mulai meluas ke bentuk lain. Anda juga bisa menciptakan pekerjaan lepas lainnya untuk menyingkirkan kejenuhan pada masa-masa low session. Pekerjaan lain yang saya maksud anda harus mempunyai kreatifitas yang bisa menciptakan peluang bisnis baru lain. 


0 comments:

Post a Comment