Saturday, September 9, 2017

Cara Hitung Jitu Seorang Backpacker : Damri Tranek vs Taksi di Bandara Internasional Minangkabau Padang Sumatera Barat

Seorang backpacker hitungan biaya sangat diperhatikan termasuk bus Damri atau Tranek dengan taksi bandara di Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat. Memang sangat lumrah uang yang akan dikeluarkan harus diketahui secara detil bahkan harus tahu hitungan cermat untuk dibayarkan. Saya ingin mengulas sedikit perbandingan masalah harga jika seorang backpacker menggunakan bus Damri atau Tranek dengan armada taksi resmi di BIM Padang.

Poto oleh: huffingtonpost.com

1. Taksi resmi bandara.

Untuk taksi bandara sudah dipersiapakan oleh beberapa pihak baik swasta dan pengelola bandara. Dengan adanya transportasi taksi bandara ini bisa mengakomodir keinginan masyarakat untuk terkoneksi langsung dengan kota Padang. Ada beberapa jenis taksi resmi yang ditunjuk oleh PT Angkasa Pura Padang seperti Blue Bird, Express, dan Taksi Koperasi berwarna kuning. Ketiga jenis taksi ini cukup representatif dan kompetitif dalam segi kenyamanan dan harga. Tetapi apabila anda naik dari BIM tidak bisa memilih, tergantung antrian yang telah dikelola dengan sistim tunggu taksi. Pengelola akan memberikan biaya tambahan IDR 20rb jika anda menggunakan taksi resmi diluar biaya transportasi sesuai argo meter sampai ke tujuan akhir.

Untuk biaya transportasi tergantung dari jarak yang ditempuh dan disesuaikan dengan tujuan penumpang.



2. Bus Damri atau Tranek.

Kedua bus publik yang telah ditunjuk ini mempunyai harga yang sama dengan tujuan berbeda. Untuk Damri tujuan akhir Lapangan Imam Bonjol, dan bus Tranek tujuan akhir Lubuk Begalung. Tergantung destinasi akhir anda, dan jangan sampai salah naik bus. Biaya transportasi hanya kurang dari IDR 25rb saja dan tidak biaya tambahan seperi taksi bandara.

Setelah melihat perbandingan ini mana yang terbaik oleh seorang backpacker?. Tentu akan memilih pilihan nomer dua. Dengan harga yang cukup terjangkau dan luasnya tempat penyimpanan barang. Kedua armada ini terparkir di lokasi yang berdekatan. Apabila anda telah mengambil seluruh bagase di ruang kedatangan, ambil posisi keluar sebelah kiri. Berjalan sekitar 5 menit dan posisi diujung telah tersedia seluruh armada resmi bandara yang parkir menunggu penumpang. 

Jadwal tunggu bus Damri dan Tranek dimulai pukul 08:00 WIB - 18:00 WIB. Untuk armada taksi 08:00 WIB - 20:00 WIB bisa lebih tergantung ketersedian taksi pada saat anda mendarat di BIM Padang Sumbar.


0 comments:

Post a Comment