Tuesday, September 12, 2017

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang.

Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai ke lokasi tujuan. Kota tujuan merupakan tujuan yang paling banyak dicari, jika lokasi terdekat atau satu jalur dengan tujuan akhir anda bisa menaiki bus antar kota ini sebagai cara awal untuk sampai walau harus estafet sampai ke tujuan akhir.

Trans Padang Transportasi Publik di Ranah Minang. Poto oleh: skyscrapercity.com

1. Tujuan Akhir dari Padang ke: Padang Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Lubuk Basung, Pasaman, Air Haji, dan Batusangkar.

Semua tujuan akhir pada poin 1 diatas PO Bus ngetem atau menunggu penumpang di Plaza Basko Mall atau sekitaran Universitas Negeri Padang [UNP]. Dapat dikatakan lokasi ini adalah terminal bayangan PO Bus untuk menanti penumpang dengan jurusan yang sebutkan pada judul ini. Jangan kawatir, untuk bus cukup tersedia walau tidak setiap jam tetapi mereka tetap setia menunggu penumpang di lokasi ini.

Bagaimana cara sampai ke Plaza Basko Mall atau Universitas Negeri Padang [UNP]

a. Dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat.

Seorang turis ala backpacker akan memasuki kota Padang lewat Bandara BIM sebagai awal pintu masuk. Sangat mudah sekali setelah mengambil seluruh barang bawaan menuju ke parkiran bus Damri dan Tranek dengan cara mengambil jalur kiri di pintu keluar kedatangan, berjalan sekitar 3-5 menit berjarak sekitar 100 meter. Posisi parkir kedua bus ini ada diujung dengan posisi bus yang saling berdampingan. Anda naik saja salah satu bus Damri atau Tranek karena lokasi ke Plaza Basko Mall atau UNP yang akan dilewati oleh kedua bus ini. Jangan khawatir dengan tarif, kedua merek bus ini mempunyai tarif yang sama, ongkos yang akan anda bayar kurang dari IDR 25rb saja.

2. Dari pusat kota Padang.

Jangan kawatir untuk turis atau rekan backpacker yang telah beribur di kota Padang dan telah menginap di hotel tidak saya lupakan. Apabila lokasi hotel anda berada disekitar Lapangan Imam Bonjol dapat menggunakan Trans-Padang menuju ke Basko Mall atau UNP dengan tarif IDR 3500. Dan jika hotel anda berlokasi di Jl Bundo Kanduang, Jl Gereja, Sekitar Museum Adityawarman, Jl Hangtuah, Jl Samudera, Jl Damar, Jl Veteran, atau Jl Letj.S Parman harus menggunakan angkutan kota dengan jurusan air tawar, tabing, atau batas kota. Ketiga angkutan kota ini melewati Basko Mall dan UNP dengan tarif IDR 4000 saja.  

Jika anda ragu dan masih tidak pede alias baper diperjalanan dengan kondisi yang agak rumit anda bisa menggunakan taksi atau gojek yang telah hadir di kota Padang. Dengan syarat anda mempunyai badget lebih untuk sampai ke lokasi yang saya maksud.



2. Tujuan akhir dari Padang ke: Alahan Panjang, Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Sungai Rumbai.

Tujuan akhir untuk poin 2 ini PO Bus akan ngetem atau berhenti di daerah Kubu atau Lakuak di Padang Timur. Semua tujuan di poin 2 ini ada di lokasi sini. Memang tidak setiap jam PO Bus tujuan anda ada tetapi hanya menunggu beberapa saat sudah tersedia. Menurut pendapat saya, bus tujuan akhir Solok mendominasi di tempat ini.

Bagaimana cara sampai ke Kubu atau Lakuak.

a. Dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat.

Setelah barang bawaan dibawa menuju ke lokasi parkir bus Tranek. Jangan salah naiki bus, bus bandara yang melewati Kubu atau Lakuak adalah bus dengan merek Tranek. Di BIM anda ambil posisi kiri menuju pintu keluar kedatangan, berjalan sekitar 3-5 menit atau berjarak 100 meter anda akan menuju ke lokasi parkir bus Tranek. Ongkos transportasi sampai ke tujuan yang saya maksud kurang dari IDR 25rb saja.

b. Dari pusat kota Padang.

Mungkin saja turis atau backpacker telah menginap di pusat kota Padang ingin menuju ke lokasi poin 2 ini. Sangat mudah sekali, jika anda ingin naik angkutan kota dari pusat kota seperti Mesjid Taqwa Muhammadiah atau Lapangan Imam Bonjol, anda harus menaiki angkutan kota jurusan Pegambiran, Gadut, atau Indarung. Dengan cat mobil berwarna merah atau biru. Tetapi untuk warna biru harus waspada karena jurusannya ada ke Aur Duri. Pastikan dengan cermat masalah warna cat mobil untuk angkutan umum ini dan label tujuan akhir pada stiker kaca mobil. Tarif ongkos IDR 4000 saja. Atau anda merasa kurang pede dapat menggunakan taksi atau gojek untuk sampai ke Lakuak atau Kubu tempat ngetem bus yang saya maksud.

3. Ke kota Painan.

Khusus untuk kota Painan sudah saya jabarkan dalam satu sesi khusus dalam artikel tersendiri anda bisa membaca dengan link yang saya berikan ini [baca: link].

Inilah panduan lengkap jika anda ingin mengunjungi beberapa tujuan akhir dari kota Padang ke Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, atau Painan. Apabila kota lain yang masih satu jurusan dengan tujuan akhir bus antar kota ini bisa anda naiki walau nanti akan estafet menggunakan kendaraan lain sampai tujuan. Apabila anda menggunakan pesawat udara sebaiknya mendarat di kota Padang di BIM pagi hari sekitar jam 08:00 WIB. Anda masih banyak waktu di perjalanan dan tidak baper diperjalanan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur di Ranah Minang serta selamat sampai ke tujuan masing-masing. Semoga bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment