Sunday, September 10, 2017

Tips Hemat Hidup Di Luar Negeri Ala Mahasiswa

Anda telah menetap hidup di luar negeri tentu mempunyai keterbatasan uang untuk membiayai keseluruhan biaya hidup selama sebulan. Hidup hemat ala mahasiswa ini harus diterapkan khusus untuk pelajar agar penggunaan uang yang sudah ditetapkan cukup bahkan ada sedikit simpanan untuk jaga-jaga jika ada pengeluaran mendadak atau urgent. Mau tau tips hidup hemat di luar negeri untuk pelajar atau mahasiswa yang mempunyai uang terbatas, ini penjelasannya.

Poto oleh: inovasee.com

1. Belanjalah secara mingguan.

Dengan belanja mingguan anda bisa memprediksikan berapa banyak kebutuhan makanan yang akan dimasak atau menu yang akan disiapkan. Jangan belanja harian akan terbiasa membeli bahan-bahan yang tidak diperlukan bahkan uang yang dikeluarkan malah lebih banyak. Biasanya di supermarket luar negeri ada hari tertentu mereka menyediakan produk unggulan dengan harga diskon atau potongan harga. Pada waktu ini anda bisa melakukan belanja dengan jangka waktu seminggu kedepan.

2. Catatan belanja.

Berapa banyak bahan makanan yang akan anda beli biasanya sudah hafal dan secara reflek bisa diucapkan. Tetapi jika sudah sampai ke supermarket bingung mau beli apa. Catat seluruh kebutuhan anda sebelum sampai ke supermarket supaya tidak terjadi kebingungan dan tentu beli kebutuhan penting untuk beberapa hari kedepan.

3. Prioritaskan barang yang akan dibeli.

Salah kaprah didalam diri seorang mahasiswa jika sudah masuk ke supermarket selalu ada. Barang yang tidak dipriotitaskan dibeli yang sangat butuh lupa. Kebiasaan ini sebenarnya banyak sekali terjadi dipengaruhi oleh rasa lapar mata yang ingin membeli semua akibatnya jumlah belanjaan jadi banyak bahkan menumpuk dilemari penyimpanan tidak terpakai basi ujung-ujungnya sudah expired.

4. Bahan dasar membuat menu makanan.

Bahan dasar ini sangat penting sekali untuk memuat beberapa menu variasi dari satu bahan menjadi beberapa makanan lezat. Seperti telur, tepung terigu, bumbu-bumbu, sayuran, tahu, tempe, dsb. Dari semua bahan dasar ini anda bisa membuat masakan lezat ala balado, tumisan, bahkan gorengan. Semua bahan dasar ini harus anda beli untuk menghemat pengeluaran untuk tidak jajan diluar. Untuk baladonya anda bisa menggunakan sambal botolan, ikan sarden, bahkan bon cabe sebagai tambahannya.


5. Anda harus bisa masak.

Harus bisa belajar masak untuk bertahan hidup di negeri orang. Sekarang sudah banyak tutorial masak yang menciptakan menu simple tidak banyak trik dan bahankan prosesnya sangat cepat. Apapun alasannya saya tidak bisa masak, bla-bla, ini-itu adalah rasa malas saja didalam diri. Anda harus bisa memasak minimal untuk diri sendiri. Jangan utamakan mie instant sebagai menu keseharian, ujung-ujungnya anda akan merasa cepat capek bahkan mudah sekali terserang penyakit. Buat menu masakan yang sehat dan menyehatkan.

6. Rangkum pengeluaran bulanan anda.

Selama sebulan harus anda rangkum dari struk belanja mingguan yang telah anda simpan. Anda bisa totalkan berapa jumlah uang yang telah anda keluarkan khusus untuk makanan. Dari catatan inilah anda mengetahui gaya hidup anda termasuk hemat atau boros. Dengan adanya sinyal positif dari angka ini mengingatkan kepada diri anda bahwa segini loh belanja anda sebulan. Jika kegiatan ini rutin anda lakukan bisa mengurangi kebiasaan hidup boros menjadi lebih hemat.

Ingin hidup hemat diluar negeri harus kudu dilakukan apalagi seorang pelajat atau mahasiswa yang mempunyai uang terbatas untuk hidup sebulan. Pemasukan hanya dari bea siswa atau kiriman dari Indonesia sebagai tambahan untuk hidup disana. Semoga tips ini bisa menjadi langkah awal untuk hidup hemat selama tinggal disana bahkan bisa menjadi pembelanjaran hidup. Hidup hemat harus dilakukan dimulai dari makanan dan gaya hidup.

0 comments:

Post a Comment