Sunday, September 3, 2017

Wisata Panorama Tabiang Takuruang Ngarai Sianok Bukittinggi

Wisata alam Tabiang Takuruang yang terletak di Ngarai Sianok Bukittinggi ini telah menjadi perbincangan hangat di media sosial dengan keindahannya. Terlihat indah harus berada diatas bukit melewati perumahan warga dan sedikit persawahan. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan para pemburu keindahan alam untuk datang langsung ke tempat ini.

Tabiang Takuruang ini terletak di Jorong Lambah, Nagari Anam Suku, Ampek Koto, Sianok Anam Suku, Ampek Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bentuk yang khas berada ditengah lembah bertepian sungai yang sangat jernih ini mampu menghipnotis para turis untuk rela datang ke lokasi ini. Lokasi ini berdekatan sebuah lokasi cafe yang menjadi tempat nongkrong bertema alam yang sudah masuk kedalam daftar lokasi yang wajib dikunjungi. Saya juga sudah membuat tulisan Taruko Cafe Resto namanya [baca: link]. Konsep ini dipadu padankan dengan rumah bagonjong dan rankiang sebagai tempat yang harus didatangi.

Bagaimana cara ke lokasi panorama tabiang takuruang ini sangatlah mudah. Setelah anda menuruni jalan menuju ke ngarai sianok dan jembatan sungai yang ada rumah makan itiak balado, tetap lurus tidak ada belokan. Setelah melihat pertigaan pertama anda masih lurus akan menemukan dua buah jalan yang sebelah kiri menuju ke Taruko Cafe Resto dan sebelah kanan menuju ke lokasi lain. Anda harus ambil posisi sebelah kiri menuju Taruko Cafe Resto.


Pemandangan Sungai Jernih Menuju Lokasi Panorama Tabiang Takuruang Ngarai Sianok Bukittinggi


Jalan yang sama menuju ke panorama tabiang takuruang ini membutuhkan perjalan sekitar 5-10 menit dengan jalan yang cukup bagus setelah dilakukan pengaspalan oleh pemerintah kota. Perjalan dengan tambahan panorama yang cukup bagus dengan tabiang [tebing] sebelah kiri dan kanan tidak terasa jalan sudah mendaki untuk menuju lokasi. Anda harus berhati-hati karena ada belokan yang cukup patah untuk menuju ke puncak.

Setelah Sampai Lokasi.


Saya membawa kendaraan roda dua parkir dirumah penduduk yang menyediakan parkir menuju objek wisata ini. Ada papan yang memberitahukan tempat parkir yang telah disediakan. Untuk tarif saya membayar seiklasnya karena penyedia tempat tidak mematok harga yang harus dibayar, saya membayar IDR 4rb saja. 

Setelah parkir saya harus berjalan kaki sekitar 10 menit melintasi sawah warga yang pada saat itu masih kering. Ada keraguaan untuk melintasi saya bertanya kepada tempat penitipan motor bagaimana cara sampai ke panorama tabiang takuruan di tepi bukit. Menurut mereka hanya melintasi pematang sawah yang sudah ada, ikuti sampai ke lokasi yang mereka sampaikan yaitu ada sebuah pondok di tepi bukit. Nah, disinilah lokasi pemandangan yang sangat cocok untuk melihat tabiang takuruang yang ada di ngarai sianok yang sudah menjadi trending di medsos yang harus anda kunjungi dengan istilah instragmable. 

Inilah jepretan saya diatas bukit melihat panorama Tabiang Takuruang Ngarai Sianok Bukittinggi. 

Panorama Tabiang Takuruang Ngarai Sianok Bukittinggi diatas bukit.


Jika anda sempat berkunjung ke Bukittinggi jangan lupa singgah ke panorama tabiang takuruang ini untuk melengkapai liburan yang bertema alam. Lokasinya tidak jauh hanya sedikit jalan menanjak ke lokasi ini.  




0 comments:

Post a Comment