Friday, October 13, 2017

Pesona Indah Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Saya mencoba menjelaskan wisata alam Kawah putih di kota Bandung tepatnya Ciwidey tempat wisata sangat terkenal ini menjadi destinasi wajib. Termasuk sejarah, tiket masuk, lokasi dan gerografi letak, tips, serta cara ke sana menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Dengan jarak sekitar 50 km ke arah selatan kota kembang Bandung merupakan sebuah danau yang terbentuk secara alami dengan proses alam akibat letusan Gunung Patuha. Kawah yang terlihat putih yang banyak mengandung belerang ini bercampur dengan kondisi tanah berwarna putih yang ada kehijauan dipengaruhi oleh kadar belerang di dalam air, suhu, serta cuaca.

Geografi Kawah Putih Ciwidey.

Menuruh perhitungan geografi nya kawah atau letak geografis kawah Ciwidey yang terletak di pegunungan ini menetapi ketinggian -/+ 2.400 meter dpl, mempunyai cuaca yang sangat sejuk antara 8-22 derajat celcius. Suhu yang cukup dingin ini membutuhkan beberapa baju yang lebih tebal seperti jaket atau sal jika memasuki lokasi kawah harus anda bawa.
Daya tarik yang sangat tinggi dengan keunikan lokasi kawah putih membuat beberapa aktifitas beberapa masyarakat cukup beragam: spot potografi, prewed, hiking, bahkan menikmati perjalanan menggunakan kuda juga dapat terlihat. Berikut vidio dari rekan kita Nina Firsta memberikan ilustrasi di wisata kawah putih Ciwidey Bandung.


Sejarah Kawah Putih Bandung.

Kembali ke abad ke 10 terjadilah letusan yang sangat dahsyat Gunung Patuha yang mengakibat kondisi alam berubah drastis dan banyaknya hewan burung banyak ditemukan mati di sekitar kawasan ini. Penduduk beranggapan pada waktu itu angker dan mistik. Berjalannya waktu sekitar tahun 1837 kepercayaan lokasi mistik ini mulai hilang akibat adanya seorang ahli dan peneliti Botani Jerman datang ke lokasi ini untuk melakukan studi penelitian. Melihat fenomena alam yang tidak banyak ditemukan makhluk hidup di sekitar lokasi kawah menjadi daya tarik yang tinggi untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah. Masih adanya kepercayaan angker oleh penduduk setempat masih ada terdengar tetapi peneliti yang bernama Dr.Franz Wilhelm tidak gentar untuk tetap melakukan penelitian.
Bagi Dr.Franz mencoba sampai ke lokasi puncak gunung terlihat sebuah danau cantik berwarna putih dengan bau belerang yang sangat menyengat sebagai akibat beberapa binatang seperti burung sangat jarang di lokasi ini. 
Dengan indahnya lokasi puncak kawah putih ini maka pada tahun 1987 pemerintah kota Bandung membuka pusat wisata baru ini kepada seluruh wisatawan dengan daya tarik utama adalah kawah berbentuk danau yang bisa berubah warna tergantung dari suhu, kadar belerang, serta cuaca.


Posisi Letak Kawah Putih Ciwidey.

Lokasi alamat kawah putih Ciwidey di Jl.Raya Soreang KM 25, Ciwidey Bandung Jawa Barat. Tidak jauh dari wisata Situ Patenggang yang bisa anda tempuh menggunakan kendraan pribadi, dengan cukup lengkap petunjuk arah untuk sampai ke lokasi ini. Setelah menggunakan tol Cipularang dari Jakarta dan keluar di pintu tol Kopo. Terus menuju ke Soreang sampai ke Ciwidey.
Jangan kawatir jika anda menggunakan angkutan umum. Setelah sampai di terminal Ciwidey naik angkot menuju ke Situ Patenggang turun di gerbang Kawah Putih.

Fasilitas Umum di Kawah Putih Ciwidey.

Sebagai turis harus mengetahui apa saja fasilitas yang ada di sekitar kawah putih yang bisa menunjang wisata di lokasi liburan ini tetap nyaman. Lokasi ini cukup tertata rapi dari segi lokasi parkir yang cukup luas bisa menampung bus pariwisata dan mobil pribadi cukup banyak dan sepeda motor. Counter informasi juga disediakan untuk seluruh pengunjung, food-court, toilet, hingga transportasi khusus dimulai dari gerbang sampai ke lokasi wisata.

Biaya-biaya Selama di Kawah Putih.


Persiapkan semua biaya yang akan anda keluarkan selama berwisata di lokasi yang cukup sejuk dan indah ini.Harga tiket masuk per orang IDR 15.000 dan parkir kendaraan dengan rincian sbb:

1. Parkir Atas:
Mobil pribadi: IDR 150.000 dan motor IDR 35.000
2. Parkir Bawah:
Mobil pribadi: IDR 6.000 Motor IDR 5.000 dan bus pariwisata IDR 25.000.
Khusus untuk lokasi parkir bawah, anda disediakan kendaran ontang-anting untuk sampai ke kawah sejenis kendaraan khas sebutan masyarakat lokal untuk menghantarkan anda dari parkir sampai ke lokasi wisata kawah putih. Maksimal daya tampung kendaraan ini adalah 12 orang.

Jam operasional.
Lokasi wisata ini buka Senin-Minggu, jam 07:00 WIB - 17:00 WIB.


Hal yang harus diperhatikan.

Jika anda berkunjung ke lokasi kawah ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum berwisata.
1. Lokasi yang cukup sejuk tidak semua pengunjung yang tahan dengan udara dingin, pastikan anda telah membawa beberapa pakaian yang cukup hangat untuk sampai ke kawah putih.
2. Untuk penggunaan sunblock relatif, tergantung dari jenis kulit masing-masing pengunjung. Dibawa tetapi sebagai jaga-jaga jika kulit anda tidak tahan sengatan cahaya matahari di puncak kawah apabila cuaca agak terik pada waktu kunjungan.
3. Bau belerang di sekitar lokasi cukup keras dan menyengat. Apabila anda tidak tahan dengan bau belerang yang menusuk hidung dapat membawa masker untuk mengurangi bau pada saat bernafas.
4. Sediakan waktu yang cukup untuk menikmati wisata kawah putih dan jangan berlama-lama di lokasi karena akan berpengaruh kepada pola nafas anda, jaga nafas tetap seimbang, apabila anda mulai sesak dapat menjauhi lokasi kawah dan kemudian kembali lagi.
5. Pastikan parkir kendaraan sesuai dengan budget anda. Sebaiknya anda parkir di lokasi bawah dapat menikmati ontang-anting atau kendaraan terbuka bisa menikmati suasana alam di lokasi ini termasuk hijaunya daun dan pemandangan alam yang masih alami.
6. Sebaiknya anda mengunjungi kawah putih pada pagi hari dengan cuaca yang cukup bersahabat supaya terhindar dari ramainya turis. Anda bisa eksplorasi seluruh spot untuk berpoto dengan nyaman dan maksimalkan angle spot potografi lebih banyak.
7. Jangan buang sampah sembarangan, pastikan anda membuang pada tempat yang telah disediakan oleh pengelola agar kebersihan di lokasi kawah putih Ciwidey tetap terjaga.
8. Hindari corat-coret di lokasi wisata. Kebiasaan ini sangat tidak baik karena memperburuk lokasi wisata dengan coretan yang sebagian orang risih melihatnya. 

Semoga tulisan tempat wisata kawah putih Ciwidey dimulai dari rute, sejarah, lokasi geografi, tiket masuk, tips, serta biaya lainnya dapat menjadi bermanfaat sebelum anda sampai ke lokasi wisata. Pastikan cuaca cukup bersahabat selama anda berkunjung ke lokasi ini. Selamat datang di kawah putih Ciwidey Bandung Jawa Barat.

0 comments:

Post a Comment