Saturday, September 22, 2018

Tips Mudah Dari Traveler Yang Doyan Traveling Bagaimana Cara Menghentikan Dan Meminimalisir Kehilangan Barang Bawaan

Dengan banyaknya kehilangan dan kerusakan barang dari para taveler yang telah melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara menjelma sebuah fenomena yang harus diketahui bahwa pada kenyataanya hampir dua juta tas yang telah rusak, terlambat datang, hingga rusak telah dirasakan oleh para turis berdasarkan data dai The Larges US Airline dari Departemen of Transportastion. Dari kasus yang terjadi telah banyak airline yang mempunyai reputasi baik memberikan solusi untuk menghadirkan kembali semua tas dari para traveler sampai ke alamat tujuan. Apapun solusi yang telah dilakukan maka kita sebagai traveler yang akan melakukan perjalanan ke seluruh tujuan di dunia ini harus ada pengetahuan yang cukup agar barang yang kita bawa nanti bisa terbebas dari masalah yang sangat klasik terjadi yaitu kehilangan, rusak, terlambat datang, hingga salah barang. 

Berikut tips dari traveler yang doyan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara sangat smart dan inspiratif bagi kita semua karena pengalaman mereka bisa meminimalisir fenomena yang tidak nyaman ini, berikut penjelasannya:

#1. Pastikan anda telah mendapatkan informasi dari pihak ground staff bandara dimana lokasi tempat pengambilan barang dari pesawat yang telah anda tumpangi. Untuk saat sekarang ini lebih mudah yaitu melihat di layar monitor yang ada tulisan nomer penerbangan pesawat yang telah mendarat. Di lokasi inilah tempat pengambilan barang anda baik berupa koper atau tas yang telah masuk di konter bandara waktu keberangkatan tadi. Semua barang yang dibawa oleh pesawat ini sudah pasti dari penumpang yang sama dengan anda. Jadi pastikan lokasinya tepat dan benar saat anda menanti barang bawaan dari ban berjalanan yang ada di bandara tujuan. 



#2. Harus memberikan inisial atau kode tertentu berupa ID atau informasi penting lainnya terhadap barang seperti koper atau tas yang anda bawa. Saat memasukan barang ke konter check in sudah tentu pasti barang yang akan anda masukan telah dilakukan pengecekan pada mesin x-ray dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sudah tentu pasti saat proses check in di konter airline di bandara barang yang anda miliki ini akan dilakukan verifikasi data tiket, bersamaan dengan check in ini penumpang untuk mendapatkan boarding pass, dan petugas airline akan memberikan kode scan barang secara online sebagai identitas resmi barang yang akan anda masukan ke bagase pesawat. Sebaiknya anda juga memberikan kode ID tertentu terhadap barang tersebut supaya tidak tertukar dengan koper yang sama saat mengambil barang di bandara tujuan.

#3. Saat setelah landing sudah tentu pasti anda akan menuju ke lokasi tempat pengambilan barang, anda akan melakukan verifikasi data lagi dengan mendapatkan potongan scan barang dari konter check in, akan diperiksa oleh petugas untuk mencocokan apakah barang yang anda bawa memang sesuai dengan data saat akan keluar. Dan untuk memudahkan pengambilan barang anda yang telah memberikan inisial tambahan akan terlihat lebih cepat mengenali barang tersebut untuk segera dibawa kembali.

Poto oleh: shortlist.com

#4. Untuk memberikan otentik bukti memang saat sekarang ini banyak traveler yang dokumentasikan barang bawaan mereka baik poto atau vidio yang dijepret dari hp smartphone mereka. Ternyata berguna sekali saat barang yang anda masukan ke bagase pesawat hilang, tertukar, bahkan delay untuk sampai ke bandara tujuan. Dengan tambahan record seperti ini saat mengajukan claim ke pihak terkait ternyata bukti otentik ini sangat powerful sekali membuktikan bahwa koper atau tas yang hilang ini dapat memberikan bukti gambar tidak hanya berita acara dengan kata-kata saja. Apabila sudah ditemukan dan kembali kepada anda, jika terjadi kerusakan bukti ini dapat diajukan sebagai gambar yang menjelaskan saat sebelum dan sesudah apabila terjadi kerusakan dapat mengajukan ganti rugi.

#5. Pastikan barang bawaan seperti tas dan koper yang masih ada terdapat 
tali penyangkut atau alat yang tambahan rusak seperti handle angkat koper yang lepas tidak bisa dipakai lagi. Karena kemungkinan beberapa barang yang membuat terhambat sampai ke lokasi pengambilan barang karena tersangkut saat bongkar murat bisa saja terjadi. Anda harus tetap melihat fenomena ini agar barang yang nempel pada koper atau tas yang kemungkinan akan memberikan efek hambatan saat barang di serahkan harus di lepas bahkan dibuang.

#6. Memang benar anda sampai di bandara lebih cepat untuk keberangkatan domestik 2 jam sebelum waktu boarding dan internasional sekitar 3 jam. Karena apa, memberikan waktu cukup agar selama perjalanan masih dalam suasana nyaman dan antisipasi kemacetan yang tidak dapat diduga. Sebaiknya anda melakukan check in di konter airline sekitar 30-40 menit sebelum berangkat. Karena waktu ini sangat terbaik untuk memasukan koper atau tas ke bagase pesawat dan sekalian final check in. Dan posisi letak barang anda sudah berada di posisi 3/4 total barang di pesawat sehingga saat dikeluarkan tas anda sudah berada paling depan sehingga saat pengambilan lebih cepat saan anda berada di lokas ban berjalan bandara.

#7. Sebaiknya anda melakukan sendiri untuk pengambilan barang karena lebih memberikan kenyakinan dan langsung mengenal koper atau tas yang anda bawa. Apabila ada menggunakan porter barang di bandara tertentu pastikan anda mendampingi agar tidak terjadi kesalahan pengambilan barang karena saat barang mulai diserahkan sudah pasti ada kemiripan barang yang dibawa oleh penumpang lainnya.

#8. Lebih baik pesona bentuk tas atau koper anda berbeda dengan yang lainnya, mungkin anda menambahkan plastic wrap yang biasanya ada petugas ada disekitar di pintu masuk check in. Pemberikan plastik wrap ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan perlindungan saat anda melakukan penerbangan jauh jauh, anda tertidur pulas tas atau koper yang anda bawa ke tempat penyimpanan bagase atas dapat memberikan solusi keamanan. Tidak hanya itu saja, saat plastik wrap yang diberikan pada tas atau koper di bagase bawah pesawat memberikan bentuk lain berbeda dengan penumpang lainnya. Koper anda yang mempunyai perbedaan sendiri lebih mudah dikenali saat pengambilan barang.

TIPS: apabila keseluruhan tahap ini masih juga terjadi kehilangan, terjadi keterlambatan, kerusakan, hingga tercuri maka anda segera melakukan penyampaian claim kepara petugas yang ada dibandara khususnya airline yang membawa anda. Kemungkinan terjadi bisa saja terjatuh saat proses bongkar muat, tertinggal di dalam pesawat saat proses perpindahan, tertukar oleh penumpang lain, atau tercuri oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab.

0 comments:

Post a Comment