Saturday, August 19, 2017

Bagaimana Cara Menulis Artikel Baik dan Konten Menarik

Dengan gemar membaca dan selalu mengikuti perkembangan dunia sosial menulis artikel baik dan menarik menjadi hal yang harus dipelajari. Memang ada beberapa dari reader saya menanyakan kepada saya bagaimana cara untuk bisa melakukan hal itu semua. Butuh waktu dan jam terbang untuk menulis dengan beberapa referensi tentu menjadi rujukan harus diperhatikan. Hal yang sangat penting diperhatikan adalah adanya motivasi tinggi dalam diri untuk mencintai pekerjaan, bukan hanya menulis artikel tetapi di bidang apapun. Jika poin ini sudah dimiliki semua aktifitas akan sangat mudah dilakukan.

Semua artikel yang saya buat ini merupakan hasil belajar dari beberapa tahun belakangan ini dimulai pada tahun 2014, dimana pertemuan tulisan dengan penyampaian informasi di media sosial saya belajar secara otodidak. Tentu belajar secara otodidak diperlukan tekat yang kuat dalam diri yaitu "orang saja bisa melakukan kenapa saya tidak bisa melakukan hal yang sama". Sebagaian orang mungkin mengikuti kursus atau diploma khusus dalam pemberitaan broadcast tetapi saya tidak melakukan hal itu sama sekali. Saya mengamati bagaimana para pembuat artikel profesional bekerja untuk menghasilkan konten menarik sehingga kontiniutas blog mereka selalu stabil bahkan selalu dicari di search engine seperti Google. 

Bagaimana Cara Menulis Artikel Baik dan Konten Menarik. Poto oleh: nilni.com

Saya ingin membagian sedikit informasi bagaimana cara menulis artikel yang baik kepada reader di blog supaya informasi yang disampaikan tepat sasaran dan menjadi nomer satu pencarian di search engine, berikut ilustrasinya versi saya.

1. Anda menulis artikel tentu mempunyai dasar dimulai dari hobi atau pengalaman pribadi. Apa hobi yang anda lakukan bisa anda jadikan topik tulisan menjadi konten menarik untuk sesama komunitas. Seperti hobi anda memasak, guru, profesional muda, dsb bisa menjadi dasar awal topik yang akan disampaikan. Sekarang sudah ada beberapa pemilik blog sudah mulai menceritakan segala pengalaman yang mereka buat didalam tulisan sehingga blog yang dibangun menjadi disukai seperti blog travelling, strategic bisnis, informasi kesehatan, dsb. 

2. Selalu banyak membaca memperkaya pengetahuan untuk tulisan konten blog. Maksudnya begini, anda harus selalu budayakan membaca sebagai gaya hidup sehingga kosa kata untuk konten artikel bisa menjadi rangkaian kata yang sangat menarik bahkan unik. Referensi membaca disini bisa dari buku, artikel, atau bahkan dari jurnal penting dari berbagai pakar. Keseluruhan ini akan berpadu kepada pola pikir anda untuk menuangkan tulisan pada blog sesuai dengan ide dan topik yang akan disampaikan.


3. Wawasan luas dengan prinsip kehati-hatian dalam menyampaikan tulisan kepada reader. Artikel yang baik dan benar bisa memberikan manfaat kepada audience anda sehingga permasalahan yang mereka cari bisa sedikit terjawab bahkan bisa mereka jadikan rujukan untuk sebuah solusi. Pemikiran seperti ini harus anda tanamkan agar saling membantu dalam bentuk tulisan sudah mulai banyak dilakukan oleh para pembaca, wacana awal mereka menjadi dasar untuk mereka pula mengambil keputusan penting dalam permasalahan.

4. Berikan sesuatu yang baru dan belum pernah terpikirkan oleh orang lain. Setiap orang mempunyai gaya masing-masing, karakter, selera, bahkan pemikiran. Poin ini menjadi unik jika anda tekuni sebagai penulis artikel tepat pada pemilihan judul, bagus dalam penyampaian, serta sesuai dengan realita. Padu padankan cara penulisan anda ini dengan seluruh poin diatas sehingga menghasilkan sesuatu topik konten yang murni dari seorang penulis artikel blog.

5. Bahasa dalam penulisan artikel menurut saya berhubungan dengan jenjang akademik juga mempengaruhi. Menulis secara profesional tentu mempunyai dasar etika dalam rujukan sangat perlu diperhatikan. Kutipan atau foot-note harus diperhatikan agar tidak terjadi salah paham atau gagal paham, sehingga dispute anda dengan reader bisa terhindari. Seorang penulis artikel konten harus memperhatikan etika penyampaian bahasa sesuai dengan kaidah profesional sehingga anda bisa menjadi seseorang yang hormat kepada orang lain. Mereka tentu membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk memberi ilustrasi penting tersebut dengan pengalamannya. 



6. Pergaulan juga mempengaruhi gaya penulisan konten artikel. Apabila pergaulan anda banyak berhubungan dengan profesional akan berdampak kepada topik penulisan secara terstruktur. Jika anda banyak berhubungan dengan travelling akan berdampak kepada topik liburan dalan penulisan. Adab baik dan benar untuk penulisan konten artikel juga mempengaruhi dari attitude susunan kata yang anda susun dalam satu konsep tulisan. Jadi, anda harus mengetahui posisi tulisan anda tepat sasaran dan mempunyai komunitas.

7. Belajar dari penulis artikel ternama juga perlu dilihat. Bagaimana mereka menulis konten artikel yang baik dan benar pada literatur atau bahkan pada blog mereka sendiri. Dari sini anda bisa melihat bagaimana cara mereka menghasilkan sesuatu yang tidak pernah ada bahkan orang lain belum bisa menjangkaunya. Bisa mereka kerjakan dan sangat baik dibaca dalam bentuk tulisan konten artikel.

8. Jangan pernah menjadi seorang plagiator atau copy-paste tulisan orang lain. Seorang penulis konten sangat anti mengambil tulisan pihak lain tanpa memberikan rujukan atau link. Search engine akan melihat dan mereka juga punya tools plagiarism secara real-time sehinga mereka bisa mengetahui apakah tulisan anda memang murni atau palsu. Belajar untuk memberikan informasi yang murni dari pemikiran anda sehingga posisi hasil karya konten ini akan tetap bertengger di posisi pertama dalam pengetikan keyword oleh audience di seacrg engine.

Menurut pendapat saya inilah poin penting bagaimana cara menulis konten artikel yang baik dan benar. Tentu tidak semua orang setuju dengan pendapat saya, tetapi selama ini saya melakukan tahap seperti ini untuk bisa menulis tulisan yang ada di blog. Butuh waktu yang cukup lama bisa dengan lancar menulis bahkan jika ada ide atau topik yang akan dibahas saya langsung menulis pada notepad atau tulisan kecil agar bisa dikembangkan menjadi konten yang akan di publish di blog. Jangan patah semangat untuk belajar, setiap penulis konten mempunyai karakter masing-masing. Karakter inilah yang menjadi menarik jika anda bisa mengemas dalam rangkaian kata tulisan dan akan menjadi trade-mark diri pribadi anda sendiri. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

0 comments:

Post a Comment