Sunday, September 24, 2017

Inilah Syarat Untuk Menjadi Seorang Pilot Pesawat Udara

Memang ingin menjadi seorang pilot harus mengetahui syarat jika anda tidak mengetahuinya sudah dipastikan tidak akan diterima masuk ke sekolah penerbangan. Standar yang mereka terbitkan cukup ketat dan dapat menghasilkan seorang pilot yang mampu mengikuti seluruh tugas dan tanggung jawab selama studi. Syarat secara umum rata-rata diterapkan oleh sekolah penerbangan yang ada di Indonesia dengan kriteria yang sudah baku bahkan sudah menjadi standar untuk masuk ke sekolah ini. Berikut syarat khusus untuk memasuki sekolah penerbangan untuk menjadi seorang pilot pesawat udara.

Poto oleh: intisari.grid.id

1. Biasanya untuk sekolah penerbangan negeri menerima lulusan SMU jurusan IPA, sedangkan untuk sekolah swasta mereka juga menerima lulusan SMU sederajat seperti SMK atau MTS.

2. Syarat minimum untuk ukuran kaki juga dilihat dimulai dari pangkal paha. Minimum ukuran yang disyaratkan 100 cm.

3. Harus mengikuti test kesehatan menyeluruh seperti organ mata, organ jantung, panca indra. Seluruh tes ini harus lulus, jika salah satunya tidak lulus biasanya akan gagal untuk tahap berikutnya.

3. Peserta harus lulus test bahasa Inggris. Hasil test ini cukup mutlak dan menentukan karena komunikasi di dunia penerbangan menggunakan Bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan. Apalagi anda memilih penerbangan komersial kudu butuh Bahasa Inggris sebagai ilustrasi study.

4. Cukup mempunyai pengetahuan umum dalam dunia penerbangan. Poin ini menentukan apakah calon siswa mempunyai pengetahuan dasar untuk memasuki sekolah penerbangan atau tidak.

5. Mempunyai kapabilitas dalam bidang ilmu matematika dan ilmu fisika. Kedua ilmu ini berhubungan dengan hitungan skala jarak untuk matematika dan ilmu fisika berhubungan dengan strategi untuk pesawat memasuki wilayah terbang.

6. Apabila kelima poin ini telah dinyatakan lulus secara tertulis maka dilanjutkan dengan test ketinggian atau altitude test pada saat terbang bersama instruktur. Dari semua sisi dilihat secara langsung termasuk respon motorik calon siswa disaat ketinggian dengan beberapa pesoalan yang harus dijawab oleh siswa.


Berikut beberapa poin penting yang harus diketahui oleh calon siswa penerbang yang ingin menjadi seorang pilot yang handal.

Apabila anda ingin menjadi seorang pilot atau penerbang harus mempunyai kemampuan yang tinggi. Tidak mudah mendapatkannya harus dengan usaha yang kuat dan tinggi, ditambah dengan biaya study yang cukup mahal untuk mendapatkan license sesuai dengan jenis pesawat yang akan dimiliki seperti private atau komersial. Apabila cita-cita ini sudah menjadi pekerjaan impian anda dimasa yang akan datang maka harus perhatikan beberapa poin penting yang perlu digarisbawahi oleh calon siswa.

1. Setelah anda menyelesaikan study SMU atau sederajat harus anda sesuaikan kemampuan yang dimiliki, apakah rencana pengambilan sekolah penerbangan PPL [Private Pilot License] atau CPL [Commercial Pilot License] telah sesuai dengan biaya yang dipersiapkan. Jika rasanya belum cukup, anda bisa mencoba sekolah penerbangan yang membebaskan biaya seperti di militer. Tetapi untuk mendapatkan sekolah penerbangan ini anda harus bersaing dengan ribuan pelamar untuk mendapatkan kesempatan ini. Seperti di STPI [Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia] di Curug Tangerang.

2. Berbeda dengan anda yang memiliki cost yang cukup memadai dapat memasuki sekolah penerbangan di luar negeri. Kenapa?. Alasannya, proses untuk masuk tidak serumit yang ada di dalam negeri. Jika anda sedang study disana dapat melakukan kerjaan tambahan seperti part time job untuk membantu biaya study disana.  

3. Anda mempunyai kesehatan fisik yang memadai dan mempunyai kekuatan ilmu matematika dan fisika untuk proses belajar di sekolah penerbangan. Kedua ilmu ini harus diselaraskan dengan kemampuan berbahasa Inggris yang memadaai baik lisan dan tulisan.

4. Untuk anda yang berkaca mata harus disesuaikan dengan persyaratan di masing-masing sekolah. Yang penting anda tidak buta warna yang cukup riskan bagi seorang pilot untuk proses sekolah bahkan serta lulus akan berpengaruh terhadap kinerja.

Memang perbedaan sekolah penerbangan di dalam negeri dan luar negeri adanya perbedaan dalam hal proses masuk. Perbedaan ini cukup dimaklumi karena di dalam negeri banyaknya peminat untuk memasuki sekolah ini, apalagi sekolah yang dikelola oleh pemerintah sangat antri. Apabila anda memiliki kemampuan cost yang cukup baik untuk bisa study di luar negeri sangat direkomendasikan. Jika anda ingin mengetahui daftar sekolah penerbangan sudah saya ulas di artikel terpisah [baca: link]. Baca setiap persyaratan di masing-masing sekolah supaya anda bisa memposisikan diri dimana akan memasuki sekolah pilot nanti.

0 comments:

Post a Comment