Sunday, October 1, 2017

22 Hal Utama Dilakukan Oleh Cabin Crew Saat Berada Di Pesawat

Menjadi cabin crew [pramugara dan pramugari] mempunyai tugas pokok dan tanggung jawab saat berada di dalam pesawat. Tugas ini menjadi hal yang sangat diprioritaskan bahkan harus dipahami oleh awak pesawat. Karena pentingnya maka dimasukan kedalam pelatihan pada saat training sebagai modal dasar menjadi sebuah prosedur yang harus diikuti. Berikut job descrition atau tugas peting utama yang harus dilakukan oleh cabin crew [pramugari dan pramugara] saat berada di dalam pesawat. 


Poto oleh: airlinequality.com




1. Tugas pokok seorang cabin crew adalah tetap memprioritaskan keselamatan seluruh penumpang dan telah yakin semua kegiatan tersebut sesuai dengan regulasi keselamatan yang telah ditetapkan. Cabin crew [pramugari atau pramugara] harus membuat penerbangan ini dalam situasi tetap nyaman bagi seluruh penumpang.

2. Cabin crew menyambut penumpang dimulai saat masuk dimana penyambutan berupa sapaan merupakan cara awal untuk membuat kenyamanan dan suasa menyenangkan bagi seluruh penumpang.

3. Pramugari dan pramugara harus menghadiri briefing oleh pejabat yang berwenang untuk mengetahui detil penerbangan termasuk rute serta nomer penerbangan.

4. Pastikan seluruh ketertiban umum sudah tercipta di dalam pesawat.

5. Mempersiapan cabin pesawat sudah siap dimasuki oleh penumpang, serta pastikan seluruh pelayanan dan keselamatan cabin sudah terlaksana dengan baik sebelum pesawat tinggal landas.

6. Pastikan semua perlengkapan termasuk makanan minuman, perlengkapan keselamatan sudah berada di dalam pesawat. Seluruh prosedur keselamatan yang telah ditetapkan sudah diikuti secara sempurna.

7. Pastikan seluruh penumpang sudah menggunakan sabuk pengaman dan semua perlengkapan keselamatan telah diarahkan.

8. Mempersiapkan dan membuat laporan untuk aktifitas penerbangan telah dilaksanakan.

9. Memahami prosedur keselamatan penumpang pada saat gawat darurat.

10. Harus memahami dan bisa mengendalikan situasi medis jika terjadi di dalam pesawat, termasuk prosedur awal yang pertama kali dilakukan pada saat situasi gawat darurat.

11. Mampu mengendalikan situasi dan pertolongan kepada penumpang dapat mengkoordinakan pertolongan pertama tersebut jika dibutuhkan.

12. Semua perlengkapan pertolongan sudah ada di dalam pesawat termasuk pertolongan pada saat gawat darurat.

13. Cabin crew yang sudah terlatih harus menyampaikan informasi penting saat berada di dalam pesawat secara umum dan memberikan pengumuman situasi dan kondisi pesawat saat terbang secara sopan dan sikap attitude yang profesional.

15. Selalu memperhatikan kebersihan dalam kabin pesawat selama penerbangan.

16. Membantu penumpang terhadap barang bawaan untuk memasukan bagase ke dalam kabin, menyusunnya, dan sesuai dengan kapasitas simpan.

17. Bekerjasama dengan pilot untuk membuat penerbangan tetap nyamanan dan dapat berkomunikasi ke seluruh penumpang dengan cara bersahabat.

18. Semua barang-barang termasuk makanan dan minuman sudah dipersiapkan baik barang untuk di jual sudah atau disajikan kepada penumpang.

19. Mampu mengoperasikan seluruh peralatan yang ada di dalam kabin pesawat pada saat terbang termasuk sistem entertaiment elektronik di pesawat.

20. Membantu kebutuhan penumpang dengan teknik bantuan yang sudah ditetapkan.

21. Menolong seluruh penumpang pesawat pada saat penerbangan jika terjadi guncangan sehingga penumpang tetap dalam keadaan tenang.

22. Berikan kesempatan komentar dari penumpang untuk memberikan penilaian terhadap seluruh pelayanan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Prosedur ini merupakan standar untuk penerbangan yang dilakukan cabin crew pada saat berada di dalam pesawat. Hal yang terpenting adalah membuat kenyamanan serta keselatan penumpang merupakan prioritas utama. Mampu mengendalikan situasi genting atau emergency agar penumpang tetap tenang dengan memberikan panduan yang sangat bersahabat. Kegiatan ini bisa anda lihat pada saat berada di dalam pesawat sebelum pesawat tinggal landas. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment