Sunday, October 1, 2017

Cara Petunjuk Naik Bus Estafet Dari Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia Lewat Johor Bahru

Mungkin anda ada berkeinginan untuk mencoba sensasi naik bus secara estafet dari Singapore| Johor Bahru| Kuala Lumpur Malaysia untuk liburan musim depan butuh petunjuk sebelum melakukan perjalan singkat disana. Koneksi antara dua negara ini cukup baik dengan membuat jalur khusus kedua negara dengan infrstruktur yang sangat nyaman. Perjalanan cukup singkat +/- 6 jam untuk sampai ke Kuala Lumpur Malaysia. 


Poto oleh: skyscrapercity.com
Para backpacker yang menyukai perjalanan darat menggunakan bis ini mereka dapat berhemat tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk penginapan, karena menggunakan bis secara otomatis bisa bermalam ditengah perjalanan untuk sampai ke Kuala Lumpur Malaysia.

Demand Menaiki Bus Cukup Tinggi.

Di dunia pariwisata seluruh konektifitas lewat udara juga diperhatikan. Dimulai dari kenyamanan bus juga diperhatikan. Kondisi sekrang sudah tersedia bus double decker atau bus biasa dengan berbagai merek yang bisa dipilih sesuai dengan pilihan. Rata-rata bus ini cukup representatif dengan kenyamanan tingkat tinggi dimulai dari kebersihan, kondisi tempat duduk yang empuk, AC, serta entertaiment juga disediakan untuk masing-masing kursi penumpang.

Harga Tiket Bus.

Rata-rata bus dengan rute Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia mempunyai tarif yang cukup bervariasi sesuai dengan tingkat kenyamanannya. Harga dimulai dari Sin$28 - Sing$55. FYI, untuk keberangkatan paling akhir seperti tengah malam mempunyai harga lebih tinggi. Jadi untuk berhemat sebenarnya tergantung dengan kebutuhan anda pada saat melakukan perjalanan ini.

Lokasi Naik Bus di Singapore.

Apabila anda berada di negara Singapore tentu harus mengetahui dimana posisi naik dapat dikatakan pangkalan atau ngetemnya bus ini menunggu penumpang. Lokasi ini sangat familiar sekali oleh backpacker yang sering menggunakan bus di Queen Street Bugis menuju ke Johor Bahru Sentral. Menurut saya, inilah cara yang paling murah dengan menaiki bis Causeway Link dari Singapura dan setelah sampai di Johor Bahru Malaysia estafet menggunakan bis SBS 170 ke Terminal Larkin. Destinasi akhir dari Terminal Larkin ke TBS {Terminal Bersepadu Selatan} menaiki bis Transnasional sampai di KL. Kenapa di Bugis Street? Karena lokasi ini sangat stategis sekali dimana sangat dekat dengan pintu keluar MRT dan tempat penginapan hostel jika anda ingin mengembalikan kartu Tourist Pass bisa di stasiun MRT bugis sehingga bisa lumayan dapat uang penggantian sekitar SGD10. Keberangkatan bis bisa anda pilih dimulai dari hari dan tengah malam. Jika anda ingin melihat kota Johor Bahru sebelum ke KL sebaiknya berangkat pagi atau menjelang siang, jalan sebentar di dekat Terminal. Bis Transnasional yang banyak digunakan ini cukup nyaman dengan sistem bangku 2-1 dimana kondisi dalam kabin bis sudah tersedia pendingin udara AC dan tempat duduk cukup lega dan lumayan luas cukup. 

Ringkasan Penting Naik Bus Estafet Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia: 




Pertama:
Queen Street Bugis -------> Woodland Check Point Imigrasi Singapore [dengan bus Causeway Link Sing$ 3,30 lama perjalanan 45 menit].

Kedua:
Woodland Checked Point --------> Johor Bahru Sentral Check Point Imigrasi Malaysia dengan bus yang sama tanpa bayar lagi.



Ketiga:
Johor Bahru Sentral ---------> Terminal Larkin [menaiki SBS 170 dengan ongkos RM 1,8].

Keempat:
Terminal Larkin Johor Bahru ------> Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur Malaysia dengan bus Transnasional atau anda juga bisa pesan bus secara online untuk naik dari Terminal Larkin Johor Bahru.


Melewati Check Point Imigrasi.

Jangan takut atau baper jika melewati check point imigrasi. Proses ini harus dilakukan jika anda masuk atau keluar suatu negara termasuk di Singapore. Siapkan seluruh pasport harus di stempel oleh petugas imigrasi. Rata-rata di lokasi ini banyak sekali wisatawan yang berlari untuk bisa cepat keluar dari gate imigrasi karena waktu tidak begitu banyak untuk mendapatkan bus. Pastikan seluruh barang bawaan anda harus bersama anda untuk proses scanning di check point.

Tips untuk anda menggunakan kendaraan umum dari Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia lewat Johor Bahru tidaklah sulit. Hanya caranya saja yang harus diperhatikan. Persiapkan jumlah uang yang akan dibayarkan karena ada pengalaman dari teman kadang ada uang kembalian tidak dikembalikan oleh PO Bus karena alasan tidak ada uang pecahan kecil. Pastikan barang bawaan anda tidak terlalu banyak akan menyulitkan anda di perjalanan. Yang paling penting lebih baik berdua menikmati perjalanan ini supaya ada kepercayaan diri.

TIPS:

1. Sebenarnya untuk jenis bis cukup dari banyak pengelola otobus yang membuka rute, berikut rekomendasi dari rekan lainnya yang telah mencoba bis dari Singapura ke KL:
Grasslands Express: www.grassland.com.sg / +6563931166.

2. Pada saat sekarang sudah banyak para backpacker yang memanfaatkan pembelian tiket bis secara online dan bisa diperlihatkan kepada petugas sebelum menaiki bis terutama bis yang kelasnya VVIP . Tetapi ini adalah pilihan dan ada rekan lain menggunakan jenis bis ini melakukan traveling dari Singapuran ke KL.

3. Untuk masalah harga memang disesuaikan dengan tingkat kenyamanan, jadi pastikan anda memilih di harga berapa perjalanan menggunakan bis ini sebagai transportasi koneksi antara Singapura dan KL Malaysia.

4.  Khusus bis dengan harga diatas SGD50 fasilitas yang anda dapatkan adalah jok kursi kulit, mendapatkan LCD personal, dan bisa memilih jenis film yang akan ditonton selama diperjalanan.

5. Perjalanan akan sampai di TBS {Terminal Bersepadu Selatan} sekitar pukul 04:00 pagi, jika dilihat sekilas terminal ini sangat luas dan cukup rapi, dan untuk ukuran terminal sangat lega dan cukup nyaman dengan papan petunjuk yang sangat memudahkan backpacker seperti saya ini. Perut sudah keroncongan dan badan rasanya ingin dibersihkan makan pertama harus dicari isi perut dulu dan lanjut cari tempat mushola dan melakukan sholat subuh.

6.  Menuju ke KL sentral sebagai destinasi akhir perjalanan ini harus menuju ke stasiun Bandar Tasik Selatan untuk menaiki KTM komuter dengan rute ke KL Sentral. FYI, terminal bis TBS ini saling berhungan dengan stasiun kereta hanya perlu menyeberangi jembatan penghubungn saja antara dua gedung yang berbeda ini. Cukup mudah, semua informasi ini ada di papan petunjuk, ikuti saja arah panahnya.

7. Setelah sampai di KL sentral hal yang kami cari adalah tempat mandi untuk membersihkan badan yang sudah lengket dan gerah. Bersih diri bisa dilakukan di KL Sentral dengan nama bilik mandi serta ada sewa loker per jalan untuk menitipkan barang juga ada. Jika bilik mandi di KL Sentral penuh dan mungkin ada perbaikan pada saat anda datangi ada alternatif lain di Mesjid Negara. Naik saja KTM komuter menuju ke stasiun Kuala Lumpur dan sudah terlihat mesjid ini dari kejauhan. Perlu mengikuti jalur saja menuju ke mesjid, apabila anda menggunakan fasilitas ini harus berpakaian sopan dan bawa pakaian ganti saat serta jagalah kebersihan untuk tidak membuang sampah didalam bilik mandi di mesjid

8.  Jika dihitung uang keluar selama melakukan perjalanan dari Singapuran sampai ke Terminal Bersepadu Selatan {TBS} KL Malaysia:

Singapura ke Johor Bahru: Causeway Link = SGD 3,3 sekitar IDR 40.000
Johor Bahru ke Terminal Larkin SBS 170 = RM 1,7 sekitar IDR 7000
Terminal Larkin ke TBS = RM 40 sekitar IDR 130.000

Total pengeluaran khusus transportasi bis saja sekitar IDR 180.000

Semoga tulisan ini cara menggunakan transportasi bis dari Singapura ke TBS KL Malaysia melewati Johor Bahru ini bisa memberikan informasi awal jika anda melakukan perjalanan seperti kami. Yang penting barang bawaan anda tidak terlalu banyak sekelas ransel untuk memudahkan perjalanan. Jangan lupa, dokumen perjalanan sudah siap termasuk kartu imigrasi keluar dari Singapura dan pengisian arrival card imigrasi Malaysia juga sudah tersedia alat tulis. Selamat liburan. 

0 comments:

Post a Comment