Monday, October 2, 2017

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Sebagian dari kita masih mencari ilustrasi artikel yang menjelaskan cara lengkap menggunakan kereta dari kota Kuala Lumpur Malaysia menuju kota Bangkok Thailand yang butuh petunjuk agar tidak tersesat. Supaya liburan ini tetap sesuai dengan jadwal bahkan menjadi liburan yang mempunyai pengalaman berbeda dengan sebelumnya. Berikut cara lengkap naik kereta dari Kuala Lumpur Malaysia.

KTMG Platinum Class

KL Sentral -----> Butterworth

Perjalanan ini dimulai dari KL Sentral di kota Kuala Lumpur. Titik awal untuk menaiki kereta dimulai dari stasiun ini. Setelah anda berlibur di kota Kuala Lumpur dan ingin ke kota Bangkok Thailand dapat menggunakan perjalanan darat seperti kereta.

Perjalanan ini dimulai dari KL Sentral menuju Butterworth karena jalur ini terbagi menjadi dua wilayah antara Malaysia dan Thailand. Kedua negara ini bersepakat untuk menyediakan jalur di negara masing-masing untuk membawa wisatawan yang ingin berlibur di kedua negara menggunakan moda transportasi darat yaitu kereta.


Rute ini tersedia ETS Platinum dan Gold Train. Untuk tiket bisa anda dapatkan di KL Sentral Station atau secara online dengan harga masing-masing RM 79 untuk Platinum dengan waktu tempuh 3 Jam 45 Menit serta RM 59 untuk Gold dengan waktu tempuh 4 jam. Kedua jenis kereta ini masing-masing mempunyai tingkat kenyaman yang memadai tergantung dari anda memilh yang mana.


SRT Butterworth to Bangkok

Butterworth -----> Bangkok Thailand.

Setelah sampe ke Butterworth dilanjutkan menaiki Kereta Ekspress Antarbangasa no 36 menuju kota Bangkok. Sebaiknya anda membeli tiket di KL Sentral Station pada saat beli tiket ETS dengan alasan terbatasnya waktu untuk antri, jika di Butterworth untuk antisipasi tidak memperoleh tiket kereta cukup besar. Kecuali anda mempunyai jadwal untuk liburan di Penang dan melakukan perjalanan di lusa nya dapat dibeli di Butterworth.

Kereta Antarbangsa inilah merupakan kereta kerjasama kedua negara antara KTMB dari Malaysia dan SRT dari Thailand. Ada dua jenis kelas yang bisa anda pilih kelas sesuai dengan selera seperti Lower Bed sekitar harga RM 120 [+/- IDR420.000]. Dari Butterworth jumlah dua gerbong saja setelah sampai di kota Hatyai jumlah gerbong akan bertambah.

Total biaya:
KL Sentral - Butterworth: RM 59
Butterworth - Bangkok : RM 120
Total biaya perjalanan dari KL Sentral - Bangkok : +/- RM 180 [ konversi ke IDR630.000]

Imigrasi Check Point.

Setelah gerbong kereta sampai di Stasiun Padang Besar seluruh penumpang wajib turun untuk proses pemeriksaan imigrasi dari Negara Malaysia untuk permit keluar dan sekaligus permit masuk di imigrasi Negara Thailand. Dan disinilah penambahan gerbong dimulai antara dua negara. Dimulai dari Stasiun Padang Besar ini kereta berganti dari KTMB menjadi SRT dengan lamanya perjalanan 22 jam, cukup jauh memang tetapi anda bisa menikmati pemandangan alam dan bisa tidur pulas selama diperjalanan.

Jadi dapat disimpulkan perjalanan kereta secara estafet:

KL Sentral -----> Butterworth [Imigrasi Check Point Padang Besar] --------> Hatyai -----> Bangkok Thailand.

Tips Bagi Pengguna Kereta dari Kuala Lumpur ke Bangkok.

Ada beberapa tips bagi anda yang ingin menggunakan transportasi ini untuk sampai ketujuan kota Bangkok Thailand.

1. Tiket kereta ini dapat anda beli secara online dari rute KL Sentral menuju Butterworth, buka link ini untuk medapat jadwal lengkapnya www.ktmb.com.my.
2. Perjalanan dari Butterworth menuju Bangkok bisa melewati callcenter@ktmb.com.my setelah di sampai di KL Sentral dibayar lunas pada loket sebelum jam 12:00 siang. Pemesanan bisa dilakukan 30 hari sebelum hari keberangkatan.
3. Keberangkatan dari Butterworth pada pukul 14:20 sampai di kota Bangkok tepatnya di stasiun Hualamphong pada pagi menjelang siang pukul 10:20.
4. Pada peak season kereta ini sangat diminati, apabila anda tidak mendapatkan tiket kereta dapat menggunakan minivan dengan rute Butterworth menuju kota Hatyai secara estafet dan menggunakan sleeper bus dengan rute Hatyai menuju kota Mochit Bangkok.
5. Pastikan barang bawaan anda dalam pengawasan agar tidak tertinggal atau tertukar di perjalanan.

Cara estafet seperti ini banyak sekali para backpacker atau wisatawan seperti anda mencari tata cara menggunakan transportasi kereta untuk sampai ke lokasi. Kereta dari Kuala Lumpur Malaysia ke kota Bangkok Thailand merupakan alternatif cara lain untuk menikmati liburan dengan biaya yang cukup murah. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment