Monday, October 2, 2017

Panduan Estafet Naik Kereta Dari Bangkok Thailand ke Siem Reap Kamboja Naik Bus

Bangkok ke Siem Reap Kamboja lewat darat kenapa tidak. Cara yang sangat umum dilakukan oleh para backpacker untuk menuju lokasi wisata di negara ini sangat menarik bahkan memiliki pengalaman yang sangat unik untuk diikuti. Saya pernah melakukan perjalanan ini tetapi dari Siem Reap ke kota Bangkok. Kombinasi naik kereta api sampai ke Kamboja pada saat ini belum tersedia karena adanya situasi politik antara kedua negara, pada saat sekarang ini anda harus estafet jika sudah sampai ke perbatasan Thailand dan Kamboja. Jika situasi politi kedua negara bisa baik semoga jalur kereta ini bisa dibuka kembali untuk memajukan pariwisata kedua negara.





Bangkok ----> Aranyanprathet.

Keberangkatan dimulai di Stasiun Hualamphong kota Bangkok. Aranyanprathet adalah perbatasan memasuki negara Kamboja. Jadwal keberangkatan dari stasiun ini 05:55 dan 13:05. Perjalanan memakan waktu selama 5-6 jam. Jika anda menaiki kereta pada jam 05:55 maka sampai di perbatasan Aranyanprathet sekitar jam 11:40. Pastikan anda berangkat pagi karena antisiapasi bisa sampai di Seam Reap di sore hari.

Harga tiket kereta dari Bangkok ke Aranyanprathet 48 Bath. Beli langsung go show saja karena kelas ekonomi yang tersedia untuk sampai ke Aranyanprathet. Tak apalah walaupun ekonomi tetapi yang penting sampai dengan selamat. Kondisi kereta cukup bersih dan luas tetapi perjalanannya cukup lama karena setiap stasiun berhenti jadi anda harus menikmati perjalanan ini. 

Tips: Jika sudah sampai di stasiun akhir banyak pihak yang ingin membantu anda untuk menyediakan moda transportasi langsung sampai ke Seam Reap, menurut saya di Skip saja, karena anda bisa melakukan ini semua, cukup mudah dan biayanya bisa anda hemat. Kalau anda pakai jasa mereka akan membayar jasanya, istilah tour-guide. 

Setelah sampai di Aryanprathet selanjutnya anda harus menggunakan tuk-tuk untuk sampai ke perbatasan Poipet, inilah perbatasan dua negara antara Thailand dan Kamboja. Jangan khawatir, banyak sekali tersedia tuk-tuk disekitar stasiun Aranyanprathet. Setiap tuk-tuk akan memasang tarif berbeda-beda patokan harga 100 Bath sudah paling minimal atau sekitar IDR 40.000,- untuk sekali jalan. Perjalanan ditempuh antara 10-15 menit untuk sampai ke Poipet. FYI, disana biasanya supir akan menawarkan diri untuk mengurus Visa masuk, perlu di ingat bahwa pemegang paspor Indonesia dibebaskan Visa masuk cukup stempel saja oleh petugas imigrasi.

Gerbang Memasuki Kamboja. Poto oleh: landolia.com

Setelah sampai lokasi perbatasan Poipet anda akan menuju ke imigrasi Thailand yang berada di posisi sebelah kiri, bawa seluruh barang bawaan dan masuk ke dalam antrian pemeriksaan. Pada kondisi ini anda jangan seperti orang kebingungan harus pede karena pada situasi ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mempersulit anda karena tahu sendiri perbatasan ini cukup banyak kejadiaan yang tidak diinginkan. Jadi anda harus tetap lurus saja untuk memmasuki proses pemeriksaan imigrasi. Setelah dapat permit keluar dari Thailand anda akan memasuki imigrasi Kamboja untuk permit masuk dan cukup di stempel saja oleh petugas. Ingat ya jangan sampai salah, harus keluar dulu dari imigrasi Thailand baru memasuki Imigrasi Kamboja, jangan sampai salah masuk atau tertukar.

Tips: Anda harus waspada dengan seluruh barang bawaan karena di sekitar lokasi perbatasan banyak sekali orang iseng dan pengemis yang suka kepo dan bertanya-tanya kepada anda. Cuekan dan fokus saja terhadap tujuan anda. Yang penting anda tetap bersikap sopan dan gunakan sedikit bahasa Inggris kepada mereka supaya mereka paham. Apabila anda layani mereka akan meminta sejumlah uang untuk tour-guide membantu anda.

Poto oleh: spinthewindrose.com

Setelah keluar dari Imigrasi Thailand untuk mendapatkan cap stempel pasport anda tetap berjalan untuk sampai ke Imigrasi Kamboja dengan tulisan "Arrival". Petunjuknya ada tulisan Wat Anchor dan anda harus isi formulir imigrasi sebelum masuk dalam antrian. Di sekitar imigrasi ini banyak sekali orang yang antri untuk masuk ke Kamboja, jadi anda harus waspada dengan barang bawaan jangan sampai tercuri karena waspada kecopetan sangat perlu menjadi perhatiaan. Anda juga bisa melihat adanya Casino di perbatasan ini.



Cap dari Imigrasi permit masuk dari Kamboja sudah selesai maka sekarang kita akan diarahkan untuk menaiki shuttle bus gratis menuju terminal Poipet. Di lokasi ini banyak sekali transportasi yang akan membawa turis atau wisatawan untuk sampai ke Seam Reap dan kota lainnya di Kamboja. FYI, shuttle bus ini merupakan moda transportasi yang disediakan oleh pemerintah Kamboja untuk pariwisata jadi tidak perlu dibayar. Perjalanan selama 10-15 menit untuk sampai ke terminal Poipet. Armada transportasi yang ada di terminal Poipet ini ada tiga macam: Bus USD 9 per orang, Mini Van USD 10 per orang, dan Taxi USD 12 per orang. Jadi tergantung anda mau pilih yang mana, apabila menaiki bus anda harus bersabar menunggu karena bus harus ngetem dulu untuk penuh.

Tips: Untuk menggunakan bus tidak memasuki pusat kota, jadi anda harus menggunakan tuk-tuk lagi untuk sampai ke Old-Market di Seam Reap tempat berkumpulnya Backpacker dengan banyaknya penginapan di sekitar lokasi ini.

Mata uang yang digunakan di Kamboja ada dua USD dan Riel. Tetapi saya menyarankan untuk memakai USD dengan pecahan kecil untuk belanja, karena di Kamboja mata uang USD diterima di pasaran termasuk pasar tradisional. Jadi, jika anda mempunyai USD yang agak lecek dan kurang harganya di money changer Indonesia dapat menggunakan waktu liburan di Kamboja.

0 comments:

Post a Comment